Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran 6 Subtema 1 Kewajiban Dan Hakku Di Rumah

Ayo Membaca
Rumahku Bersih dan Nyaman

Rumah ialah rezeki dari Tuhan. Kita merasa nyaman ketika di rumah. Ibu menimbulkan rumah terasa sejuk. Ayah menimbulkan rumah terasa aman. Anak-anak menimbulkan rumah terasa menyenangkan.

Setiap anggota keluarga wajib menjaga daerah tinggal biar bersih. Tempat tinggal higienis menciptakan mereka nyaman. Tempat tinggal higienis juga mencegah mereka dari sakit. Bagaimana kita sanggup mendapat daerah tinggal yang bersih?

Setiap anggota keluarga berhak mendapat rumah bersih. Mereka bantu-membantu menjaga lantai biar bersih. Ruang tengah selalu rapi. Meja makan selalu bebas dari piring kotor. Dapur higienis dari sampah. Halaman tertata rapi.
anak menimbulkan rumah terasa menyenangkan Pembelajaran 6 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
Simaklah masalah-masalah berikut ini! Sampaikan saranmu di depan kelas! Lakukan secara berkelompok!
  1. Lani ingin lantai rumahnya selalu bersih. Saat pulang sekolah ia melihat lantai rumahnya kotor. Saran apa yang sanggup kau berikan kepada Lani? Sebaiknya siti pribadi mengepel lantai ketika melihat lantai rumahnya kotor.
  2. Edo ingin rumahnya rapi. Bibi selalu merapikan rumah Edo. Sudah satu ahad bibi pulang kampung. Rumah Edo tampak berantakan. Apa saranmu untuk Edo? Saat bibi mudik sebaiknya Edo merapikan rumahnya sendiri.
  3. Dayu ingin kamarnya rapi. Ia tidak sanggup merapikan kamarnya sendiri. Apa yang seharusnya Dayu lakukan? Dayu sebaiknya berlatih merapikan kamarnya sendiri kalau ingin kamarnya rapi..
  4. Ibu Beni ingin meja makan di rumahnya bersih. Beni hampir selalu meninggalkan sisa makanan di meja. Apa yang seharusnya Beni lakukan? Edo sebaiknya tidak menyisakan makanan di meja kalau ingin meja makan di rumahnya bersih.
  5. Siti ingin rumah yang menyenangkan. Ia sedang bersedih. Ayah dan ibu Siti sedang menengok nenek di kampung. Bagaimana seharusnya Siti bersikap? Siti sebaiknya jangan bersedih kalau ingin rumahnya menyenangkan meskipun ayah dan ibunya sedang tidak berada di rumah.

Ayo Menulis
Bagaimana saran teman-temanmu? Bagus bukan? Apakah kau masih ingat saran-saran temanmu?Tuliskan satu saran pada daerah yang tersedia! Jelaskan maksud saran tersebut!

Saran : Sebaikya merapikan kamar sesudah berdiri tidur

Maksudnya : Saat kita berdiri tidur sebaiknya kamar dibereskan kembali. Misalnya saja selimut kembali dilipat, sprei ditata kembali sehingga kamar terlihat rapi.

Ayo Berlatih
Bermain ialah hak bagi semua anak. Udin dan kakaknya gres final mandi sore. Mereka hendak bermain kelereng. Kaleng daerah menyimpan kelereng jatuh. Oleh alasannya ialah itu, kelereng berserakan di ruang tengah.
anak menimbulkan rumah terasa menyenangkan Pembelajaran 6 Subtema 1 Kewajiban dan Hakku di Rumah
Udin dan kakaknya mengumpulkan kelereng bersama-sama. Jumlah kelereng semuanya 600 buah. Berapa kemungkinan kelereng yang sanggup dikumpulkan Udin? Berapa kemungkinan kelereng yang sanggup dikumpulkan abang Udin? Tuliskan jawabanmu di daerah yang tersedia! Buatlah lima kemungkinan!
  1. 400 + 200 = 600
  2. 450 + 150 = 600
  3. 300 + 300 = 600
  4. 420 + 180 = 600
  5. 350 + 250 = 600

Ayo Mencoba
Andai banyaknya kelereng tidak 600, tentukan bilangan lainnya! Lalu buatlah perhitungannya!
  1. 430 + 170 = 600
  2. 250 + 350 = 600
  3. 310 + 290 = 600
  4. 220 + 380 = 600
  5. 280 + 320 = 600

Ayo Berdiskusi
Udin dan Mutiara ingin rumahnya selalu rapi. Apa saja kewajiban yang harus Udin dan Mutiara lakukan? Apa saja hak Udin dan Mutiara? Diskusikan dengan temanmu, kemudian tulislah hasil diskusimu!

Kewajiban Udin dan Mutiara
  1. Merapikan buku-buku yang telah dipakai untuk belajar.
  2. Membersihkan dan merapikan daerah tidur ketika berdiri tidur.
  3. Merapikan kembali mainan sesudah digunakan.
  4. Menyapu ruangan yang kotor.
  5. Menyingkirkan benda-benda yang sudah tidak berfungsi atau tidak dibutuhkan lagi.
  6. Meletakan barang-barang pada tempatnya.
  7. Membuang sampah pada daerah yang telah disediakan.
  8. Bersih dari sampah sebelum tidur
  9. Merapikan ruangan pribadi sesudah digunakan
  10. Mencuci alat makan yang telah digunakan

Hak Udin dan Mutiara
  1. Memperoleh daerah tinggal yang layak.
  2. Merasa kondusif dan terlindung dari tragedi alam.
  3. Dapat beraktifitas dengan nyaman.
  4. Dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.
  5. Mendapatkan daerah bermain yang sesuai.
  6. Dapat beristirahat dengan baik.
  7. Mendapatkan rumah yang higienis dan sehat.
  8. Terlindung dari terik matahari, cuaca dan lain sebagainya.
  9. Mendapatkan daerah berguru yang baik.
  10. Mendapatkan daerah tidur yang baik.

Ayo Bercerita
Kamu sudah mengetahui kewajiban dan hak berkaitan dengan rumah. Apakah kau sudah melaksanakannya di rumahmu? Kamu tentu pernah melakukan kewajiban dan hak berkaitan dengan rumah. Ceritakan di depan kelas!
Aku tinggal di rumah bersama kedua orang renta dan saudara-saudaraku. Beberapa aktivitas yang saya lakukan di rumah diantaranya ialah : merapikan daerah tidur sesudah berdiri tidur. Saya juga mencuci alat-alat makan sesudah digunakan. Setaip hari ahad saya dan keluargaku membersihkan rumah bersama-sama.

Rumahku yang higienis menciptakan saya sanggup bermain, berguru dan beristirahat dengan baik. Dengan istirahat yang cukup dan makanan bergizi yang diberikan kedua orang tuaku saya sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar