Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran 5 Subtema 3 Kewajiban Dan Hakku Bertetangga

Ayo Membaca
Apakah Kamu Memiliki Hewan Peliharaan?

Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya. Lantai tampak kotor dan berbau tidak sedap. Ada kotoran ayam di lantai. Sejak pagi sudah tiga kali ibu membersihkan teras. Keluarga Siti tidak memelihara ayam. Ayam tetangga sering masuk ke rumah Siti. Ayam itu juga masuk ke rumah yang lain.

Jika kita mempunyai binatang peliharaan, kita wajib menjaganya dengan baik. Hewan peliharaan dijaga dengan baik supaya tidak mengganggu lingkungan.

Apabila kita mempunyai binatang peliharaan, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, jangan membiarkan binatang peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Kedua, memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Ketiga, menyediakan sangkar untuk kawasan binatang peliharaan. Keempat, membersihkan binatang peliharaan dan kandangnya secara teratur. Hewan peliharaan yang dijaga dengan baik, menciptakan lingkungan menjadi nyaman.
 Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya Pembelajaran 5 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga
Amati teks wacana problem binatang peliharaan! Temukan kalimat penyelesaian masalah! Jelaskan maksudnya! Tulislah kalimat penyelesaian problem pada teks!

Beberapa kalimat yang menandakan penyelesaian problem antara lain sebagai berikut.
  1. Jangan membiarkan binatang peliharaan berkeliaran bebas di lingkungan. Maksudnya kita dilarang membiarkan binatang peliharaan berkeliaran di lingkungan rumah tetangga.
  2. Memberi makan dan minum yang cukup dengan teratur. Maksudnya binatang peliharaan harus diberi makan supaya sanggup berkembang dengan baik.
  3. Menyediakan sangkar untuk kawasan binatang peliharaan. Maksudnya binatang peliharaan harus mempunyai sangkar sebagai kawasan tinggal.
  4. Membersihkan binatang peliharaan dan kandangnya secara teratur. Maksudnya binatang yang kita pelihara harus dibersihkan, contohnya dengan cara memandikan hewan.

Ayo Bercerita
Setiap orang wajib menjaga kenyamanan lingkungan. Apabila kita mempunyai binatang peliharaan ada kewajiban yang harus dilakukan. Apakah kau mempunyai binatang peliharaan menyerupai gambar di bawah ini?
 Ibu Siti sedang membersihkan teras depan rumahnya Pembelajaran 5 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga
Ceritakan pengalamanmu di depan kelas wacana memelihara binatang peliharaan! Ceritakan juga kewajiban kita kalau mempunyai binatang peliharaan

Beberapa waktu yang kemudian ikan cupang merupakan jenis ikan yang digemari anak-anak. Sayapun mulai mencoba serius untuk memelihara cupang-cupang itu. Ikan cupang merupakan salah satu ikan air tawar yang gampang dirawat. Ikan ini sanggup ditempatkan di akuarium atau toples. Ikan cupang juga tidak memerlukan alat sirkulasi udara menyerupai ikan lainnya.

Meskipun tidak terlalu sulit, namun kita harus tetap merawat ikan cupang ini dengan baik dan benar. Saya membeli semua materi yang diperlukan untuk memelihara ikan tersebut. Selain itu saya juga memberi makan yang cukup dengan teratur. Saya menyediakan sangkar berupa akuarium untuk kawasan tinggal ikanku. Seminggu sekali saya membersihkan akuarium dan mengganti airnya. Ternyata binatang peliharaan yang dijaga dengan baik, menciptakan lingkungan menjadi nyaman.

Ayo Berlatih
Dayu mempunyai banyak kelinci. Dayu tidak ingin kelincinya berkeliaran dan mengganggu tetangga. Dayu ingin menciptakan sangkar untuk kelincinya. Dayu membutuhkan banyak bambu. Ayah Dayu mempunyai 900 batang bambu. Berapa kira-kira sangkar yang sanggup dibentuk Ayah Dayu. Berapa batang bambu yang diperlukan Ayah Dayu untuk satu kandangnya?

Jumlah bambu seluruhnya 900 batang.
Jika ayah Dayu menciptakan 10 kandang, maka untuk setiap sangkar hanya sanggup memakai 90
batang bambu.
900 = 10 x 90

Buat alternatif jumlah sangkar yang berbeda dengan hasil kali 900!
1900=2x450
2900=3x300
3900=4x225
4900=5x180
5900=6x150

Ayo Mencoba
Bisakah kau memakai dongeng Dayu dan sangkar kelincinya di depan dengan bilangan yang berbeda?

Ikuti langkah-langkah berikut!
  1. Tentukan bilangan hasil perkaliannya. Ambil bilangan yang mempunyai banyak kemungkinan.
  2. Tentukan jumlah sangkar yang ingin dibuat.
  3. Cari banyaknya bambu yang dibutuhkan.
11.000=2x500
21.000=4x250
31.000=5x200
41.000=8x125
51.000=10x100

Tidak ada komentar:

Posting Komentar