Rabu, 03 Juni 2020

Pembelajaran 5 Subtema 4 Cuaca, Musim, Dan Iklim

Ayo Mencoba
Bermain Papan Informasi
Udin dan teman-teman berkumpul di dalam kelas ketika istirahat tiba. Mereka saling bertukar warta ihwal cuaca, musim, dan iklim.

Udin mengajak teman-teman di kelas bermain papan informasi. Udin meminta mereka membentuk kelompok.

Setiap warta ditulis di atas sebuah papan kertas. Lalu, setiap kelompok memberikan warta yang diperolehnya di depan kelas.

Ajaklah teman-temanmu untuk bermain menyerupai mereka. Informasi apa saja yang sanggup dituliskan di papan tersebut? Kumpulkan warta yang akan ditulis di papan.

Cuaca, musim, dan iklim merupakan keadaanudara di wilayah tertentu. Cuaca diamati pada
suatu wilayah yang kecil dan waktu yang singkat. Cuaca ini diamati harian dan sanggup berubah setiap harinya. Kadang-kadang pada hari yang sama, cuaca sanggup berubah.

Musim yaitu keadaan cuaca yang paling sering terjadi di waktu tertentu. Saat isu terkini hujan yaitu pada waktu tertentu cuaca hujan sering terjadi. Musim kemarau yaitu waktu tertentu yang sedikit hujan.

Musim terjadi dalam waktu yang lebih usang daripada cuaca. Musim diamati dalam hitungan
bulan. Indonesia merupakan negara tropis. Hanya terdapat dua musim: isu terkini kemarau dan
isu terkini hujan.

Iklim yaitu kondisi rata-rata cuaca menurut waktu yang panjang. Iklim diamati dalam hitungan tahun

Keadaan atmosfer yang diamati harian
Indonesia terletak di garis khatulistiwa
Meliputi wilayah yang amat luas
Keadaan cuaca yang diamati dalam 1 tahun
Indonesia mempunyai 2 musim
Dapat berubah dalam waktu sehari
Bergantung pada kondisi geografis di bumi
Keadaan udara yang diamati dalam waktu yang sangat lama

Ayo Bercerita
Usai bermain, waktu istirahat pun selesai. Sisa-sisa kertas bekas bermain papan warta berantakan di lantai kelas. Siti mengajak teman-teman untuk membersihkan kelas.

Teman-teman, mari kita membersihkan kelas. Jika dilakukan bersama-sama, pekerjaan akan segera selesai.

Betul, Siti, saya setuju. Saya mau menghapus papan tulis.

Saya mau mengelap meja.

Ajaklah teman-temanmu untuk membersihkan kelas. Sampaikan bahwa bersatu dalam melaksanakan suatu hal itu penting dan bermanfaat.
Bersatu dalam keberagaman dalam melaksanakan hal sangat penting dan bermanfaat. Contohnya yaitu ketika membersihkan ruang kelas. Ada yang menghapus papan tulis, ada yang menyapu laintai, dan ada yang mengelap meja.

Masing-masing menerima bab kiprah tanpa membeda-bedakan. Dengan bersatu pekerjaan yang dilakukan menjadi cepat selesai. Selain itu dengan bersatu akan terjalin rasa saling mencintai sesama teman.

Ayo Mengamati
Berkarya dengan Kertas Bekas
Kelas Siti dan teman-teman sudah terlihat bersih. Siti melihat tumpukan kertas bekas bermain terbuang percuma.

Siti mengambil sisa kertas tadi dan menciptakan potongan kertas untuk mencar ilmu pengurangan serpihan berpenyebut sama. Inilah referensi alat peraga Siti dari barang bekas.
teman berkumpul di dalam kelas ketika istirahat datang Pembelajaran 5 Subtema  4 Cuaca, Musim, dan Iklim
Masih ingatkah kau dengan pengurangan serpihan berpenyebut sama? Kamu sanggup menciptakan alat peraga untuk membantu mencar ilmu pengurangan serpihan berpenyebut sama.

Ayo Berlatih
Kerjakanlah soal latihan berikut ihwal pengurangan serpihan berpenyebut sama. Tuliskan lambang bilangan serpihan lengkap dengan gambarnya.
teman berkumpul di dalam kelas ketika istirahat datang Pembelajaran 5 Subtema  4 Cuaca, Musim, dan Iklim
4. Kerjakan soal berikut tanpa disertai gambar.
a. =3-2=1
777
b. =5-3=2
666
c. =4-1=3
555

Tidak ada komentar:

Posting Komentar