Di Kantor Kelurahan
Siti sangat bahagia sanggup ke sekolah lagi. Siti sudah tidak demam. Siti dan teman-temannya mengunjungi kantor kelurahan. Mereka mengajukan seruan bibit pohon angsana. Mereka membawa surat dari sekolah.
Pak Lurah sangat bahagia dikunjungi anak-anak. Beliau memberikan supaya semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus higienis dan hijau. Setiap anak seharusnya mempunyai satu pohon untuk dirawat. Pak Lurah memperlihatkan bawah umur beberapa bibit pohon angsana untuk ditanam.
Anak-anak merasa sangat bahagia mendapatkan bibit pohon angsana tersebut. Tidak lupa mereka mengucapkan terima kasih kepada Pak Lurah. Mereka berjanji untuk menanam dan merawat pohonnya dengan baik.
Amati kembali teks “Di Kantor Kelurahan”! Sebutkan kalimat yang memperlihatkan saran! Apakah saran itu sanggup kau lakukan? Beri pendapatmu!
Kalimat yang menandakan saran diantaranya yakni :
- Pak Lurah memberikan supaya semua orang menjaga lingkungan. Lingkungan harus higienis dan hijau.
- Beliau juga menyarankan supaya setiap anak seharusnya mempunyai satu pohon untuk dirawat.
Ayo Mencoba
Semua orang berhak menerima lingkungan yang hijau dan bersih. Akan tetapi, masih banyak susukan air yang tertutup sampah. Pohon-pohon juga banyak yang habis ditebang bukan? Bagaimana perasaanmu mengenai hal ini? Bagaimana pula saranmu mengenai hal ini?
Saluran air yang tertutup sampah tentu sangat mengganggu. Saluran air bukanlah tempat sampah, melainkan tempat mengalirnya air. Jika susukan air tersebut banyak digenangi sampah maka air tidak sanggup mengalir dengan lancar. Beberapa saran mengenai susukan air yang tertutup sampah antara lain sebagai berikut :
- Warga masyarakat sebaiknya membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.
- Sebaiknya setiap bulan sekali diadakan kegiatan bahu-membahu membersihkan susukan air.
- Sebaiknya warga masyarakat mendaur ulang sampah sehingga tidak menambah jumlah sampah.
- Setiap warga sebaiknya mempunyai satu lobang sampah sehingga sampah tidak dibuang ke susukan air.
Pohon-pohon yang tumbuh di lingkungan sekitar rumah meniciptakan lingkungan higienis dan hijau. Namun dikala ini banyak pohon yang ditebang untuk banyak sekali alasan. Penebangan pohon tentunya sangat memperihatinkan. Beberapa saran mengenai banyak pohon yang habis ditebang antara lain sebagai berikut :
- Setiap warga sebaiknya tidak menebang pohon secara sembarangan.
- Warga sebaiknya melaksanakan penanaman kembali (tebang-tanam) tempat yang pohonya telah ditebang.
- Warga sebaiknya merawat pohon sehingga pohon-pohon terjaga kelestariannya.
- Warga sebaiknya menciptakan dan melaksanakan aktivitas lingkungan hijau.
Sampaikan saranmu kepada teman-temanmu!
Ayo Berlatih
Pak Lurah ingin menciptakan daerahnya hijau. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon angsana. Di wilayah itu terdapat 10 RT. Beliau menugaskan 10 RT untuk menanam. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Lurah? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Lurah! Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!
Banyak Bibit di Kelurahan | Dibagi | Banyak Bibit untuk RT | Sama Dengan | Banyak RT yang Ditugaskan |
---|---|---|---|---|
950 | : | 95 | = | 10 |
1.000 | : | 100 | = | 10 |
900 | : | 90 | = | 10 |
980 | : | 98 | = | 10 |
920 | : | 92 | = | 10 |
Ayo Mencoba
Buatlah dongeng ibarat teks "Di Kantor Kelurahan"! Tentukan banyaknya RT, banyaknya bibit di Kelurahan, dan banyaknya bibit yang diterima RT! Tulislah lima kemungkinan!
Bapak Ketua Rukun Warga 04 Desa Lumbir ingin melaksanakan aktivitas penghijauan di lingkungan wilayahnya. Beliau menugaskan setiap Rukun Tetangga (RT) untuk menanam pohon mahoni. Di wilayah RW 04 Desa Lumbir terdapat 8 RT. Beliau menugaskan 8 RT untuk menanam pohon mahoni. Berapa banyak bibit yang dimiliki Pak Ketua RW? Berapa banyak bibit yang diterima setiap RT? Tentukan Jumlah bibit yang dimiliki Pak Ketua RW! Tentukan banyak bibit yang diterima setiap RT! Berlatihlah dengan menulis lima kemungkinan!
Banyak Bibit di RW 04 | Dibagi | Banyak Bibit untuk RT | Sama Dengan | Banyak RT yang Ditugaskan |
---|---|---|---|---|
1.000 | : | 125 | = | 8 |
880 | : | 110 | = | 8 |
920 | : | 115 | = | 8 |
720 | : | 90 | = | 8 |
960 | : | 120 | = | 8 |
Ayo Berlatih
Siti dan teman-temannya sangat bahagia menerima bibit pohon angsana. Mereka akan menanam bibit itu pada hari Sabtu. Mereka menciptakan topi untuk dikenakan pada dikala menanam bibit pohon angsana.
Masih ingatkah kau cara menciptakan topi? Sebutkan urutan menciptakan topi!
- Ambil selembar kertas koran.
- Lipat kertas koran menjadi dua bagian. Sisi yang terbuka berada di bawah.
- Lipat ujung kanan dan kiri ke tengah, kemudian tekan membentuk segitiga.
- Lipat kertas kedua sisi cuilan bawah ke atas, kemudian tekan.
- Bukalah kertas perlahan, kemudian rapikan.
- Topi sudah siap dipakai. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran kepalamu!
- Buatlah topi ibarat yang pernah kau buat!
- Buat topi yang lebih besar lengan berkuasa dan indah!
- Kamu sanggup memakai kertas koran bekas atau karton manila.
- Sediakan juga gunting dan lem untuk berkreasi!
- Hiaslah topimu sesuai kreasimu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar