Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran 2 Subtema 4: Kewajiban Dan Hakku Sebagai Warga Negara

Ayo Membaca
Siti Demam

Siti kepanasan dikala pulang sekolah. Di malam harinya ia demam dan badannya panas. Ibu mengompres Siti dengan air hangat. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis.

Siti masih merasa demam dikala bangkit tidur. Ibu ingin Siti sehat. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas. Sebagai warga negara, kita berhak mendapat kemudahan kawasan berobat. Oleh alasannya ialah itu, pemerintah mendirikan Puskesmas dan Rumah Sakit. Di Puskesmas dan Rumah Sakit ada dokter dan perawat yang bertugas.

Dokter kemudian menyelidiki Siti. Setelah diperiksa, dokter memberinya obat dan vitamin. Dokter menyarankan semoga Siti menjaga kesehatan. Ia harus banyak minum air putih hangat. Ia harus menentukan jajanan yang sehat. Ia juga harus rajin mencuci tangan.
 Di malam harinya ia demam dan badannya panas Pembelajaran 2 Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara
Ibu dan Siti berterima kasih kepada dokter. Mereka bahagia berobat di Puskesmas.

Amati kembali teks ‘Siti Demam’! Temukan kewajiban dan hak pada teks! Sampaikan hasil temuanmu di depan kelas!

Ayo Berdiskusi
Dapatkah kau menemukan kewajiban dan hak lain? Diskusikan dengan teman-temanmu! Tuliskan hasil diskusimu pada selembar kertas! Pajanglah hasil diskusimu pada papan pajangan kelas!
KewajibanHak
  1. Siti wajib menjaga kesehatan.
  2. Siti wajib mematuhi nasehat kedua orangtuanya.
  3. Siti harus banyak minum air putih hangat, menentukan jajanan yang sehat, dan rajin mencuci tangan.
  4. Siti harus berterima kasih kepada dokter
  1. Siti berhak mendapat kemudahan kawasan berobat.
  2. Siti dikompress dan diselimuti dikala sakit.
  3. Siti dirawat dokter dan perawat yang bertugas.
  4. Siti diberi obat dan vitamin
  5. Mereka bahagia berobat di Puskesmas

Ayo Menulis
Amati kembali teks “Siti Demam”! Tuliskan kalimat-kalimat yang memberikan masalah! Tuliskan juga cara mengatasinya!
Masalah dan Cara Mengatasinya
MasalahCara Mengatasi
Siti demam dan badanya panas
  1. Ibu mengompres Siti dengan air hangat.
  2. Ibu pun menyelimutinya dengan selimut tipis.
Siti masih merasa demam dikala bangkit tidur.
  1. Ibu pun membawa Siti ke Puskesmas.
  2. Dokter memberi Siti obat dan vitamin.
  3. Siti harus menjaga kesehatan.

Ayo Mencoba

Sebagai warga negara yang baik kita wajib menjaga kesehatan kita. Jika warga sehat, negara akan berkembang dengan baik. Bagaimana kalau sebaliknya?

Siswa dianjurkan semoga menentukan jajanan yang sehat. Apa yang dimaksud dengan jajanan sehat? Apa saja pola jajanan sehat? Mengapa kita harus menentukan jajanan sehat? Apa keuntungannya untuk kesehatanmu?
 Di malam harinya ia demam dan badannya panas Pembelajaran 2 Subtema 4: Kewajiban dan Hakku sebagai Warga Negara

Carilah balasan pertanyaan di atas! Jadilah wartawan! Carilah sahabat untuk kau wawancarai! Catat hasil wawancaramu pada kawasan tersedia!

Hidup sehat ialah salah satu hak sekaligus kewajiban sebagai warga negara. Setiap warga negara harus menjaga kesehatannya. Seorang siswa juga berkewajiban menjaga kesehatannya. Salah satu yang sanggup dilakukan ialah dengan menentukan jajanan yang baik untuk kesehatan mereka.

Siswa bermain peran. ada yang berperan menjadi wartawan yang bertugas bertanya, dan ada yang berperan sebagai nara sumber yang bertugas menjawab pertanyaan. Siswa bekerja secara berpasangan.

Mereka akan memainkan kiprah secara bergantian. Siswa yang berperan menjadi wartawan harus
mencatat semua balasan nara sumber. Jawaban dari kedua siswa dalam tim tersebut dijadikan satu dan dijadikan materi menciptakan kesimpulan hasil wawancara.

Hasil Wawancara :
Pembukaan :
Jalanan ialah masakan atau minuman siap santap yang dijual oleh penjaja jalanan, pedagang asongan, atau warung.(1) Jajanan biasanya dijual di kawasan umum contohnya di sekolah-sekolah.(2)

Apa yang dimaksud jajanan sehat?
Jajanan sehat ialah jajanan mempunyai komposisi gizi yang baik dan berimbang.(3) Selain itu jajanan sehat juga harus bersih, tidak mengandung materi pengawet, pewarna buatan dan materi tambahan.(4)

Apa saja pola jajanan sehat.
Jenis jajanan anak bermacam-macam.(5) Beberapa pola jajanan sehat yang ada di sekolah diantaranya ialah : camilan cantik cubit, pizza mini, dan martabak mini.(6)

Mengapa kita harus menentukan jajanan sehat?
Semua jajanan di sekolah terlihat enak! (7) Namun tidak semua jajanan yang terlihat lezat itu baik untuk tubuh kita. (8) Kita harus pintar menentukan jajanan, semoga tubuh selalu sehat. (9) Kalau salah makan, bisa-bisa terkena penyakit.(10)

Beberapa manfaat menentukan jajanan sehat antara lain sebagai berikut;(11) Pertama mengetahui mana masakan sehat yang harus dipilih dan mana masakan yang harus dihindari.(12)  Kedua mempunyai kebiasaan makan yang baik dan sehat . (1$) Ketiga terhindar dari penyakit akhir jananan tidak sehat.(15).

Penutup :
Jajanan sehat ialah jajanan yang aman, bermutu dan bergizi serta memastikan bahwa tidak ada unsur pangan yang tidak kondusif dan berbahaya. (16) Dengan membeli jajanan sehat maka tubuh kita akan sehat.(17)

Ayo Bercerita
Bagaimana perasaanmu dikala mewawancarai teman? Bagaimana perasaanmu ketika diwawancarai teman? Apa pendapat temanmu perihal manfaat menentukan jajanan sehat? Ceritakanlah hasil wawancaramu di depan kelas!

Sebaiknya dikala memberikan dongeng siswa :
  1. Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, bunyi terdengar seluruh kelas
  2. Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata terucap dengan benar, intonasi sesuai kalimat
  3. Ada pembukaan, menyebutkan pengertian, contoh, dan alasan menentukan jajanan sehat, serta ada penutup
  4. Jumlah kalimat dongeng di atas 15 kalimat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar