Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran 2 Subtema 3 Kewajiban Dan Hakku Bertetangga

Ayo Mengamati
Bacalah teks berikut dengan bunyi nyaring!

Tetangga
Tetangga ialah orang yang tinggal di bersahabat rumahku. Aku mengenal namanya. Aku selalu menyapanya. Aku suka bermain dengannya dan mengunjunginya. Ibu menyarankan biar saya baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan biar saya bermain dengan tetangga. Karena tetangga ialah saudara dekatku.

Amati kembali teks "Tetangga"!
Bacakan kembali kalimat yang menawarkan saran!
Ibu menyarankan biar saya baik, sayang, dan hormat kepada tetangga. Ibu menyarankan biar saya bermain dengan tetangga.

Ayo Mencoba
Lani dan ibunya berkunjung ke rumah tetangga barunya. Ibu Lani ingin menyambut kehadiran
mereka.

Ibu Lani sudah mengunjungi tetangga barunya. Apa yang sebaiknya dilakukan oleh tetangga gres Lani? Berilah beberapa saran! Tuliskan pada daerah yang tersedia!
  1. Sebaiknya tetangga gres tersebut juga berkunjung ke rumah Ibu Lani.
  2. Seharusnya sebagai warga gres mereka memperkenalkan diri ke rumah yang terdekat.

Ayo Berlatih
Tetangga Lani sangat bahagia dikunjungi Lani dan keluarganya. Mereka merasa wajib menghargai tamunya. Mereka ingin menjamu tamu dengan baik. Di rumah mereka ada beberapa jenis makanan.. Amati gambar masakan yang disuguhkan tetangga gres Lani!
 Bacalah teks berikut dengan bunyi nyaring Pembelajaran 2 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga
Makanan apa yang sebaiknya Lani pilih? Saran apa yang sanggup kau berikan? Jelaskan alasanmu! Lakukan secara lisan! Tahukah kau manfaat menentukan masakan untuk kesehatan tubuhmu?
Sebaiknya Lani menentukan Roti tawar alasannya ialah roti tawar banyak mengandung karbohidrat yang sangat menambah tenaga. Memilih masakan yang baik dan sehat secara tidak pribadi anda telah merawat badan anda biar tetap sehat dan bugar.
Anak-anak memerlukan masakan bergizi. Makanan bergizi menciptakan anak mempunyai badan yang sehat. Makanan bergizi mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin.

Makanan yang mengandung karbohidrat contohnya nasi, roti, dan kentang. Makanan yang mengandung protein contohnya ikan, daging, telur, kacang-kacangan, dan susu. Buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung vitamin.
 Bacalah teks berikut dengan bunyi nyaring Pembelajaran 2 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga
Amati gambar masakan di atas! Manakah masakan yang sehat untukmu? Buatlah kelompok! Diskusikan mengapa kau harus menentukan masakan baik! Diskusikan manfaat menentukan masakan bergizi untuk kesehatanmu! Ceritakan hasil diskusimu di depan kelas!
  1. Makanan yang sehat untuk kesehatan diantaranya ialah pisang. Pisang mengandung karbohidrat merupakan salah satu sumber energi utama bagi kita.
  2. Buah Jambu sangat kaya akan vitamin C yang diharapkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi.
  3. Roti tawar kaya akan karbohidrat yang merupakan sumber tenaga bagi tubuh.
  4. Buah pepaya sangat kaya akan vitamin C yang diharapkan untuk memperbaiki kulit, tulang, dan gigi.

Manfaat masakan bergizi sangat penting bagi semua orang. Selain mendukung tumbuh kembang anak, masakan bergizi juga tidak kalah bermanfaat bagi orang dewasa. Manfaat menentukan masakan sehat antara lain sebagai berikut :
  1. Makanan bergizi akan mendukung tumbuh-kembang anak sesuai dengan usianya.
  2. Anak-anak umumnya gampang terjangkit penyakit, sehingga asupan masakan bergizi akan membantu membentuk daya tahan tubuh.
  3. Usia sekolah ialah periode emas perkembangan otak, sehingga dengan memenuhi nutrisinya maka akan mendukung kecerdasan.
  4. Dengan daya tahan badan yang lebih baik, tentu saja anak akan lebih aktif dan ceria.

Ayo Mengamati
Lani dan kawan-kawannya bermain congklak di rumah tetangganya. Mereka bermain di depan rumah.

Tahukah kau kewajiban yang harus kau lakukan berkaitan dengan bermain? Apa sajakah itu?Sebutkanlah!

Simaklah kalimat-kalimat berikut! Tulislah karakter (w) kalau itu kewajiban, dan karakter (h) kalau hak!
No.Pernyataanw atau h
1Mendapat bantuanh
2Mengikuti hukum mainw
3Antri menunggu giliranw
4Mendapat kesempatan bermainh
5Merapikan alat mainw
6Berbicara perlahanw
7Berbagiw
8Diperlakukan adilh
9Menerima kekalahanw
10Menghargai sobat bermainw

Ayo Bercerita
Apakah kau mempunyai pengalaman yang sangat berkesan ketika bermain dengan tetangga? Bermain apa? Adakah peralatan yang digunakan? Bagaimana cara memainkannya? Apakah permainannya menyenangkan? Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Pengalamanku yang sangat berkesan ialah ketika bermain engklek bersama anak tetangga sebelahku. Aku berhasil meraih beberapa kotak dalam permainan tersebut. Awalnya saya tidak yakin kalau saya sanggup bermain dengan cukup baik. Permainan sederhana ini hanya membutuhkan belahan genting dan garis-garis yang dibentuk di atas tanah.

Cara memainkan permainan ini juga sangat mudah. Beberapa cara memainkan permainan engklek antara lain sebagai berikut.
  1. Semua pemain melaksanakan hompimpa yang menang berhak melaksanakan permaian terlebih dahulu.
  2. Pemain pertama melemparkan gaco (yang biasanya berupa belahan genting/kreweng, keramik lantai, ataupun watu yang datar) ke kotak nomor satu.
  3. Saat melemparkannya dilarang melebihi kotak yang telah disediakan kalau melebihi maka dinyatakan gugur.
  4. Pemain Pertama melompat dengan satu kaki (Engklek), dari kotak 1 hingga kotak 6 kemudian berhenti sejenak, kemudian kembali lagi dengan mengambil gaco yang ada di kotak satu dengan posisi kaki satu masih diangkat.
  5. Setelah itu pemain melemparkan gaco tersebut hingga ke kotak 2 kalau keluar dari kotak 2 maka pemain dinyatakan gugur dan diganti oleh pemain berikutnya.
  6. Begitu seterusnya hingga semua kotak sudah dilempar dengan gaco.

Permainan engklek sangat menyenangkan. Permainan ini biasanya dilakukan perorangan dan berkelompok, biasa dimainkan oleh bawah umur wanita namun tak jarang juga anak pria pun turut serta bermain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar