Kamis, 04 Juni 2020

Pembelajaran 4 Subtema 3 Kewajiban Dan Hakku Bertetangga

Ayo Membaca
Bacalah dengan bunyi nyaring!

Aku Ingin Lingkungan Bersih 
Edo sedang duduk di depan rumahnya. Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal. Anak itu ingin mencoret-coret tembok tetangganya. Edo mengingatkannya dengan santun biar tidak mencoret-coret tembok.

Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan. Dengan santun, Edo mengingatkan tetangganya untuk membuang sampah pada tempatnya.

Edo ingin lingkungan daerah tinggalnya bersih. Ia melaksanakan sesuatu yang sanggup ia lakukan. Mengingatkan sahabat yang melaksanakan kesalahan yakni kewajiban kita. Lakukanlah dengan cara yang santun.
 Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal Pembelajaran 4 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga
Amati kembali teks yang berjudul Aku Ingin Lingkungan Bersih! Tuliskan problem dan penyelesaiannya pada tabel berikut!
MasalahPenyelesaian
Edo melihat seorang anak yang ingin mencoret-coret tembok tetangganya.Edo mengingatkannya dengan santun biar tidak mencoret-coret tembok.
Edo juga pernah mengingatkan tetangganya yang membuang sampah sembarangan.Edo mengingatkan tetangganya dengan santun biar membuang sampah pada tempatnya.

Ayo Berdiskusi
Setiap orang menginginkan lingkungan bersih. Apakah kau pernah memiliki problem kebersihan di lingkunganmu? Bagaimana penyelesaiannya?

Bekerjalah dalam kelompok! Tentukan satu problem yang pernah dialami anggota kelompokmu!

Diskusikan penyelesaiannya! Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas! Beri kesempatan kepada semua anggota untuk mengeluarkan pendapatnya! Lakukan dengan percaya diri!

Ayo Berlatih
Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. Setiap orang juga wajib menjaga biar lingkungannya tetap bersih. Bagian mana saja di lingkunganmu yang harus selalu bersih?

Lingkungan rumah ibarat apa yang teman-temannya inginkan? Lingkungan yang higienis tidak hanya menciptakan siapapun yang memandangnya menjadi merasa nyaman dan aman. Lingkungan yang higienis juga akan memperlihatkan manfaat yang banyak, termasuk dalam pengendalian penyakit. Karena kita tahu bahwa lingkungan yang kotor yakni sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya.

Apa yang seharusnya mereka lakukan? Untuk mendapat lingkungan rumah yang sehat sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Menjaga kebersihan rumah dan halaman dengan menyapu rumah dan halaman.
  2. Tidak membuang sampah sembarangan
  3. Memisahkan jenis sampah organik dan anorganik
  4. Kegiatan gotong royong anggota keluarga membersihkan lingkungan rumah.
  5. Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, rindang dan asri sanggup dilakukan dengan penghijauan
  6. Penutupan terusan air sebab terusan air sanggup menjadi sarang sampah dan sumber aneka macam penyakit.
  7. Membuat lubang sampah

Bekerjalah bersama sahabat sebelahmu! Uraikan kewajiban dan hak wacana lingkungan rumah yang bersih! Tuliskan pada tabel berikut!
Lingkungan Rumah Bersih
KewajibanHak
Menyapu rumah dan halamanRumah dan halaman higienis dan sehat
Tidak membuang sampah sembaranganRumah higienis dan bebas bibit penyakit
Memisahkan jenis sampahSampah gampang didaur ulang
Bergotong royong membersihkan rumahRumah higienis dan anggota keluarga bersatu
Penghijauan lingkungan rumahLingkungan rumah rindang dan asri
Menutup terusan airTerhindar dari beberapa penyakit

Ayo Bercerita
Amati kembali daftar kewajiban dan hak yang kau buat! Ceritakan pengalamanmu dalam melaksanakan kewajiban dan hak kepada sahabat sebelahmu! Lakukan dengan percaya diri! Berceritalah dengan :
  1. Ada kontak mata, lancar, menarik perhatian pendengar, bunyi terdengar seluruh kelas
  2. Menggunakan kosa kata baku, kalimat efektif, kata terucap dengan benar, intonasi sesuai kalimat
  3. Ada pembukaan, banyak kalimat di atas 15 kalimat, sesuai dengan tema, ada penutup

Pembukaan :
Setiap orang berhak mendapat lingkungan yang bersih. (1) Setiap orang juga wajib menjaga biar lingkungannya tetap higienis (2) . Lingkungan yang higienis tidak hanya menciptakan siapapun yang memandangnya menjadi merasa nyaman dan kondusif (3).

Lingkungan yang higienis juga akan memperlihatkan banyak manfaat (4). Salah satunya yakni pengendalian penyakit.(5). Karena lingkungan yang kotor yakni sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya (6). Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan baik dalam menjalani teladan hidup sehat.(7).

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan lingkungan rumah (8). Salah satu cara yang sanggup dilakukan yakni dengan  rutin membiasakan kebiasaan gotong royong sesama anggota keluarga (9). Ini tidak hanya membantu membersihkan lingkungan rumah, namun juga akan membantu dalam mempererat jalinan kolaborasi antar anggota keluarga (10).

Biasanya acara gotong royong ini akan dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. (11). Tujuan acara ini yakni biar lingkungan rumah benar-benar higienis dari sampah (12). Jadi, sangatlah penting untuk menjaga kekompakan antar anggota keluarga biar sanggup sama-sama untuk mewujudkan kebersihan lingkungan yang diperlukan oleh semua orang (13).

Penutup :
Demikianlah cara menjaga kebersihan lingkungan yang sanggup kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari (14). Mendapatkan lingkungan yang higienis berarti menghindari penyebaran bibit penyakit (15).

Ayo Berdiskusi
Hidup bertetangga sangat menyenangkan. Kita sanggup bertemu dengan tetangga di banyak kesempatan. Ibu Beni sering bertemu tetangga ketika belanja di tukang sayur keliling. Tukang sayur mereka sangat menjaga kebersihan. Dia juga tahu aneka materi masakan sehat yang dibutuhkan. Ibu Beni dan tetangganya menentukan materi masakan yang segar dan bergizi bersama-sama.
 Ia melihat seorang anak yang tidak dikenal Pembelajaran 4 Subtema 3 Kewajiban dan Hakku Bertetangga
Amati gambar Ibu Beni dan para tetangga yang sedang membeli sayuran! Menurutmu, bagaimana cara menentukan sayuran yang baik? Diskusikan dengan sahabat di sebelahmu!

Tuliskan hasil diskusimu pada daerah tersedia!
Cara Memilih Sayuran yang Baik
  1. Warna sayuran segar dan tidak layu.
  2. Bagian daun tidak berbintik atau berlobang akhir dimakan ulat.
  3. Sayuran harus mengandung vitamin yang diperlukan tubuh
  4. Upayakan sayuran lokal, sayuran lokal sesuai dengan kondisi badan kita
  5. Sayuran tidak busuk/basi
  6. Sayuran dibungkus dengan baik

Ayo Bercerita
Kamu telah mengetahui cara menentukan sayuran dan masakan yang baik dan bergizi. Oleh sebab itu, kau wajib bersyukur mendapat masakan bergizi. Kamu juga wajib berterima kasih kepada orang tuamu. Apakah kau pernah ikut ibu berbelanja di pasar? Coba sesekali ikut ibumu ke pasar. Lihatlah bagaimana ibumu menentukan materi makanan, sayuran dan buah-buahan untuk seluruh keluarga. Ceritakan pengalamanmu di depan kelas!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar