Sebagai seorang warga negara harus tahu hak dan kewajibannya. Jika hak dan kewajiban seimbang dan terpenuhi, maka kehidupan masyarakat akan kondusif sejahtera. Kita sebagai warga negara harus mendapatkan hak-hak dan tak lupa melaksanakan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut dengan cermat! Diskusikan dengan sahabat di sebelahmu! Berasal dari manakah Edo? Dengan siapa ia berfoto? Dari mana asal mereka?
Edo berasal dari Papua. Edo berfoto bersama teman-temannya yang berasal dari kawasan yang berbeda.
Ayo Menulis
Edo bersyukur menjadi warga negara Indonesia. Banyak hak telah ia peroleh. Ia juga telah melaksanakan kewajibannya. Tuliskan kewajiban dan hak Edo pada skema berikut!
Kewajiban | Hak | |
---|---|---|
Di Rumah | Saling menghormati sesama anggota keluarga. | Mendapatkan kasih sayang dari kedua orangtua. |
Di Sekolah | Mematuhi akan tata tertib dan peraturan di sekolah | Mendapatkan pendidikan dan pengajaran di sekolah. |
Bertetangga | Saling menghargai dan saling menolong. | Mendapatkan sumbangan dikala mengalami kesusahan. |
Warga Negara | Mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku | Memperoleh proteksi dari pegawapemerintah keamanan |
Ayo Bercerita
Kita yaitu orang Indonesia. Sebagai warga negara kita wajib berbuat baik kepada sesama. Menjaga lingkungan kita merupakan salah satu referensi berbuat baik untuk negara. Bagaimanakah cara kau berbuat baik untuk negara?
Ceritakan pengalamanmu bagaimana cara berbuat baik untuk negara! Sampaikan di depan kelas!
Kata sanggup berbuat baik kepada negara dengan banyak sekali cara. Berbuat baik kepada negara sanggup diwujudkan dengan hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Misalnya saja berguru dengan giat, menyayangi dan menjaga lingkungan, dan mematuhi peraturan yang ada.
Salah satu cara yang gampang dilakukan yaitu dengan berguru dengan baik. Belajar dengan baik akan menambah pengetahuan kita. Belajar dengan baik sanggup mendapatkan nilai yang terbaik serta sanggup menjadi orang yang berkhasiat untuk masa depan bangsa/negara.
Ayo Berlatih
Sebentar lagi hari kemerdekaan Republik Indonesia. Sekolah Edo juga ikut merayakan. Mereka akan menghias sekolah seindah mungkin. Edo dan teman-temannya juga ingin menghias kelas dengan indah.
Jika di sekolah tersebut ada ada 6 kelas, tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan, dan berapa jatah setiap kelasnya. Ambil bilangan yang sanggup habis dibagi banyaknya kelas ( 6 ), contohnya 36, 42, 60.
Jika banyaknya bendera 60 maka setiap kelas akan menerima 10 bendera. 10 diperoleh dari 60 di bagi 6 (banyak kelas).
Jika banyak kelas yaitu 12, maka tentukan banyaknya bendera dengan bilangan yang habis di bagi 12, dan seterusnya.
Edo dan teman-temannya menghias kelas dengan bendera Merah Putih. Sekolah menyediakan bendera Merah Putih plastik. Jumlah kelas di sekolah Edo ada 12. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya bendera yang dibutuhkan!
Banyak Bendera | Dibagi | Jatah/Kelas | Sama Dengan | Banyak Kelas |
---|---|---|---|---|
360 | : | 30 | = | 12 |
600 | : | 50 | = | 12 |
840 | : | 70 | = | 12 |
960 | : | 80 | = | 12 |
1.080 | : | 90 | = | 12 |
Ayo Mencoba
Apakah kau pernah menghias kelasmu dengan Bendera Merah Putih dari plastik? Buatlah dongeng menyerupai di sekolah Edo! Tulis banyak kelas di sekolahmu! Tentukan jatah bendera untuk setiap kelasnya! Tentukan banyak bendera yang harus disiapkan sekolah!
Dayu dan teman-temannya akan mengadakan perlombaan memperingati Hari Kemerdekaan di sekolah. Salah satu lomba yang akan dilaksanakan yaitu membawa kelereng memakai sendok. Sekolah menyediakan kelereng yang akan dipakai untuk lomba. Jumlah kelas di sekolah Dayu ada 6. Tentukan jatah setiap kelas! Tentukan banyaknya kelereng yang dibutuhkan!
Banyak Kelereng | Dibagi | Jatah/Kelas | Sama Dengan | Banyak Kelas |
---|---|---|---|---|
480 | : | 80 | = | 6 |
510 | : | 85 | = | 6 |
440 | : | 90 | = | 6 |
570 | : | 95 | = | 6 |
600 | : | 100 | = | 6 |
Ayo Membaca
Bangga Menjadi Orang Indonesia
Edo berasal dari Papua. Ia sangat bahagia menjadi warga negara Indonesia. Ia berbeda suku dengan teman-temannya. Ia juga berbeda agama, tetapi mereka selalu bersatu.
Edo harus menyayangi negaranya. Edo belum banyak tahu perihal Indonesia. Ia berusaha mengenal Indonesia. Ia banyak membaca buku perihal Indonesia. Ia berwisata ke banyak sekali tempat. Ia juga mengunjungi museum. Ia memakai barang buatan Indonesia. Edo sangat gembira menjadi orang Indonesia.
Ayo Mencoba
Amati teks “Bangga Menjadi Orang Indonesia”! Sebutkan dilema yang Edo hadapi! Jelaskan cara Edo menuntaskan masalah! Sampaikan juga saran dengan bahasamu sendiri! Jelaskan kepada teman-temanmu!
Masalah yang Edo Hadapi :
Edo belum banyak tahu perihal Indonesia.
Cara Edo menuntaskan dilema :
- Edo berusaha mengenal Indonesia.
- Edo banyak membaca buku perihal Indonesia.
- Edo berwisata ke banyak sekali tempat.
- Edo juga mengunjungi museum.
- Edo memakai barang buatan Indonesia.
- Edo sangat gembira menjadi orang Indonesia.
Sebagai warga negara Indonesia Edo sebaiknya lebih mengenal negaranya sehingga sanggup lebih menyayangi negara ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar