Senin, 20 Juli 2020

Pembelajaran 5 Subtema 4 Mengasihi Hewan

Ayo Mengamati
Menyayangi binatang dengan cara memeliharanya yaitu hal yang menyenangkan. Hewan juga sanggup dilatih untuk sanggup melaksanakan banyak sekali acara ibarat berbaris, mengendarai sepeda, dan menari.

Kita sanggup melihat hewan-hewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya binatang yang jinak, binatang buas pun dilatih biar sanggup ikut pertunjukan.

Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi masakan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para instruktur sangat mencintai hewan-hewan asuhannya.

Ayo Berlatih
Petugas sirkus sedang mempersiapkan masakan untuk binatang pemakan daging. Petugas memotong daging menjadi 8 bab sama besar.
 Menyayangi binatang dengan cara memeliharanya yaitu hal yang menyenangkan Pembelajaran 5 Subtema 4 Menyayangi Hewan
  1. 5 bab daging diberikan untuk harimau. Bagian daging yang dimakan harimau, jikalau ditulis dalam bilangan pecahan yaitu 5/8
  2. 3 bab daging diberikan untuk beruang. Bagian daging yang dimakan beruang, jikalau ditulis dalam bilangan pecahan yaitu 3/8

Hewan manakah yang memakan bab daging lebih banyak?... Perhatikan gambar berikut untuk mempelajari bilangan pecahan.
 Menyayangi binatang dengan cara memeliharanya yaitu hal yang menyenangkan Pembelajaran 5 Subtema 4 Menyayangi Hewan
Pecahan  1/2, 1/4 dan 4/8 mempunyai perbedaan bilangan pembilang dan penyebut. Akan tetapi,
1/2 senilai dengan 2/4
1/2 juga senilai dengan 4/8
1/2, 2/4, dan 4/8 yaitu pecahan senilai

Coba berlatih menuliskan pecahan yang senilai dengan 2/3
 Menyayangi binatang dengan cara memeliharanya yaitu hal yang menyenangkan Pembelajaran 5 Subtema 4 Menyayangi Hewan
Sekarang, cobalah lakukan acara ibarat arahan berikut!
  1. Gambarlah sebuah kotak panjang, kemudian bagilah menjadi 4 bab yang sama besar. Warnailah 1 kotak pertama.
  2. Gambarlah sebuah kotak panjang, kemudian bagilah menjadi 8 bab yang sama besar. Warnailah 2 kotak pertama.
  3. Gambarlah sebuah kotak panjang, kemudian bagilah menjadi 12 bab yang sama besar. Warnailah 3 kotak pertama.
 Menyayangi binatang dengan cara memeliharanya yaitu hal yang menyenangkan Pembelajaran 5 Subtema 4 Menyayangi Hewan
Apa yang sanggup kau simpulkan dari bab kotak yang diwarnai? 1/4, 2/8, dan 3/12 yaitu pecahan senilai.

Seorang petugas sirkus, mempersiapkan masakan untuk hewan-hewan peliharaannya. Petugas tersebut memotong daging menjadi 15 bab yang sama besar. 7 bab diberikan untuk beruang. 6 bab diberikan untuk harimau. Sisanya mereka berikan untuk singa.

Tuliskan bilangan pecahan untuk bab daging yang dimakan hewan-hewan tersebut.
 Menyayangi binatang dengan cara memeliharanya yaitu hal yang menyenangkan Pembelajaran 5 Subtema 4 Menyayangi Hewan
  1. Bagian daging yang dimakan harimau yaitu 6/15
  2. Bagian daging yang dimakan beruang yaitu 7/15
  3. Bagian daging yang dimakan singa yaitu 2/15

Hewan-hewan pemakan daging biasanya termasuk binatang buas, sehingga tidak sanggup dipelihara. dengan bebas. Perlu orang mahir kalau kita mau memelihara dan melatih hewan-hewan tersebut.

Ayo Berdiskusi
Dalam pertunjukan sirkus, kita sanggup menemukan banyak sekali orang dengan kiprah dan kiprah yang berbeda-beda.

Ada instruktur yang bertugas untuk melatih hewan-hewan biar sanggup tampil dengan baik. Ada pegawai sirkus yang bertugas untuk menyiapkan kawasan pertunjukan. Ada juga pegawai yang bertugas untuk menjual tiket.

Pembagian kiprah dilakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan. Pernahkah kau membuatkan kiprah dengan teman-temanmu dikala mengerjakan kiprah di sekolah? Coba jelaskan nama acara dan pembagian tugasnya!

Ayo Menulis
Bacalah terlebih dahulu kisah dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

Si Kancil dan Buaya
Krukukukuk...krukukuk...krukukuk...terdengar bunyi dari perut si Kancil. Si Kancil pun terbangun dari tidurnya. Perutnya terasa sangat lapar, sesudah seharian bermain dan karenanya tertidur di dalam hutan.

Si Kancil membayangkan mentimun, masakan kesukaannya. Kebun mentimun tumbuh subur di seberang sungai. Kancil ingin sekali memetik mentimun di kebun itu, namun Kancil kebingungan mencari cara untuk sanggup menyeberangi sungai. Sementara itu, banyak sekali buaya yang tinggal di dalam sungai.

Si Kancil pun berpikir dan mencari logika biar sanggup menyeberangi sungai. Tiba-tiba ia berteriak memanggil para buaya. “Hai Buaya,..keluarlah!” teriak si Kancil. “Ada apa teriak-teriak, Kancil?” sahut Buaya.

“Apakah kalian tidak merasa lapar? Aku dengar di seberang sungai itu ada banyak daging segar yang siap disantap, kenapa kalian tidak ke sana?” tanya si Kancil. “Aku mau mengambilkan daging itu untuk kalian, asal bantu saya menyeberang sungai itu” lanjut Kancil.

“Baiklah, tetapi bagaimana kami sanggup membantumu?” tanya Buaya. “Berbarislah kalian hingga ujung sungai itu, biarkan saya berjalan menyeberangi sungai melalui punggung kalian,” kata Kancil.

Si Kancil terus melompat dari satu punggung buaya ke buaya lainnya. Hingga karenanya si Kancil hingga di seberang sungai dan mengucapkan terima kasih kepada buaya-buaya itu atas bantuannya.
(disarikan dari banyak sekali sumber)

Buatlah final dari kisah tersebut sesuai imajinasimu!
Kancil terbahak-bahak kemudian berkata “betapa bodohnya kalian, bukankah saya tak membawa sepotong pun daging segar di tangan? Itu artinya saya tak punya daging segar untuk jatah makan siang kalian. Enak saja, mana sanggup kalian makan tanpa ada usaha?”. Buaya itu pun merasa tertipu, salah satu diantara mereka berkata “akan ku balas semua perbuatanmu”. Kancil pun pergi sembari berkata “terimakasih buaya, saya pamit pergi untuk melanjutkan perjalanan”.

Sebutkan tokoh yang ada dalam kisah dongeng dan sifatnya!
Kancil = bakir tapi suka menipu
Buaya = binatang yang praktis tertipu

Setelah membaca dongeng, cobalah untuk memainkan kiprah wacana dongeng tersebut. Buatlah kelompok dan berikan kiprah untuk setiap anggota kelompokmu!

Tuliskan rencana bermain kiprah pada kawasan berikut!
  1. Pemeran tokoh kancil :.......
  2. Pemeran tokoh buaya : ......

Berlatihlah dan tampilkan pada pertemuan berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar