Senin, 20 Juli 2020

Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda

Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya. Keberadaan benda mempermudah insan melakukan aktivitasnya. Ada benda yang terbentuk di alam dan ada benda yang dibentuk oleh manusia.

Batu, air, dan pasir merupakan benda yang terbentuk di alam. Mobil, gunting, dan kertas merupakan benda yang dibentuk oleh manusia.

Ayo Membaca
Wujud Benda
Setiap benda niscaya mempunyai wujud. Wujud benda ada tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tas, buku, dan pensil berwujud padat. Minyak dan air berwujud cair. Gas hidrogen dalam balon berwujud gas. Dapatkah kau menyebutkan rujukan lainnya?

Di dapur, Dayu melihat benda-benda yang dipakai untuk memasak. Banyak pula bahan-bahan untuk dimasak. Seperti bawang, cabe, minyak goreng, dan kecap. Perhatikan gambar dapur rumah Dayu berikut ini!
Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda

Kamu telah mengamati gambar di atas. Kelompokkan benda-benda yang ada dalam gambar sesuai wujudnya. Tuliskan hasil pengamatan dalam tabel berikut!
Benda PadatBenda CairBenda Gas
  1. Panci
  2. Kompor
  3. Sendok
  1. Air
  2. Minyak Goreng
  3. Cuka
Uap Air

Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Benda dikelompokkan ke dalam tiga wujud. Tuliskan ketiga wujud benda tersebut! Benda padat, cair, dan gas.
  2. Tuliskan dua rujukan benda padat di sekitarmu! Meja dan Kursi.
  3. Tuliskan dua rujukan benda cair di sekitarmu! Air dan Sirop
  4. Tuliskan dua rujukan benda gas di sekitarmu! Uap Air dan Elpiji

Ayo Mengamati
Pernahkah kau naik alat transportasi menyerupai pada gambar? Tahukah kamu, termasuk ke dalam wujud benda apakah motor itu?

Pada hari Minggu, Edo dibonceng ayah ke rumah nenek. Edo dibonceng ayah dengan motor. Perhatikan sketsa jarak ke rumah nenek berikut ini!
Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Jarak ini sanggup ditulis 5 km lebih 300 m. Jarak dari
rumah Edo ke kebun hewan 1.523 m. Satuan kilometer (km) dan meter (m) ialah satuan untuk menyatakan jarak.
Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
1km = 1.000 m

Jarak rumah Edo ke rumah nenek 5 km 300 m. Berapa jarak rumah Edo ke rumah nenek dalam satuan m?
5 km + 300 m = 5.000 m + 300 m = 5.300 m
Jadi, jarak rumah Edo ke rumah nenek ialah 5.300 m.

Jarak yang harus ditempuh Edo dari rumah ke kebun hewan 1.523 m. Berapa Jarak rumah Edo ke kebun hewan dalam satuan km dan m?
1.523 m = 1.000 m + 523 m = 1 km + 523 m

Ayo Berlatih
Ada majemuk bentuk bangunan. Juga materi pembentuk bangunan tersebut. Perhatikan sketsa jarak antarbangunan di bawah ini!
Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Tentukan jarak dalam satuan m!
  1. Rumah Siti ke sekolah = 5 km 100 m = 5.000 m + 100 m = 5.100 m
  2. Rumah Udin ke kantor pos = 2 km 850 m = 2.000 m + 850 m = 2.850 m
  3. Rumah Siti ke rumah Udin = 6 km 350 m = 6.000 m + 350 m = 6.350 m
  4. Rumah Siti ke pasar = 6 km .50 m = 6.000 m + 50 m = 6.050 m
  5. Rumah Udin ke pasar = 10 km 0 m = 10.000 m + 0 m = 10.000 m.

Alat ukur ada bermacam-macam. Baik jenis maupun kegunaannya. Altimeter ialah alat yang dipakai untuk mengukur ketinggian suatu titik dari permukaan laut. Biasanya alat ini dipakai untuk mengukur tinggi pesawat dikala terbang dari permukaan laut. Juga untuk mengukur tinggi gunung dan hal lain yang bekerjasama dengan ketinggian.

Perhatikan gambar berikut!
Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Berapa ketinggian pesawat A dalam satuan km? 3.000 m = 3 km
  2. Berapa ketinggian pesawat B dalam satuan km?4.325 m =  4 km 325 m
  3. Berapa perbedaan ketinggian pesawat B dibandingkan pesawat A? 4.325 m - 3.000 m = 1.325 m

Ayo Mengamati
Pernahkah kau memperhatikan gerakan tiupan angin? Angin ialah udara yang bergerak. Udara berwujud gas. Gas tidak terlihat, namun sanggup dirasakan. Tiupan angin ada yang kencang, lembut, dan sepoi-sepoi. Ada juga angin yang bertiup sangat kencang. Seperti angin topan, angin puting beliung, dan lain-lain. Sekarang, coba kau bergerak seakan-akan menyerupai kertas yang tertiup angin!

Perhatikan gambar berikut! Gerakan angin sepoisepoi bergeraklah lemah ke kiri dan ke kanan. Jika angin kencang, bergeraklah dengan hentakan yang berpengaruh ke kiri dan ke kanan. Jika angin puting beliung, bergeraklah berputar.
Manusia tidak sanggup lepas dari benda di sekitarnya Pembelajaran 1 Subtema 2 Wujud Benda
Dengan mengikuti gerakan di atas, kau sanggup membedakan gerakan berpengaruh dan lemah. Dalam tarian, selain gerak tangan ada juga gerakan langkah kaki. Gerakan tangan dan kaki harus selaras dengan irama yang mengiringi.

Sekarang, coba kau berlatih gerakan kaki terlebih dahulu. Iringilah dengan lagu yang kalian suka. Berlatihlah gerakan kaki dengan gerak lembut. Seperti pohon yang melambai ditiup angin sepoisepoi dan gerakan pohon yang ditiup angin kencang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar