Senin, 20 Juli 2020

Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda Di Sekitarku

Ayo Membaca
Bahan untuk menciptakan benda tidak hanya berasal dari kayu, kertas, dan plastik. Perhatikan benda-benda yang ada di rumahmu. Benda yang kau gunakan sehari-hari. Adakah benda yang bukan berasal dari kayu, kertas, atau plastik? Tuliskan materi yang dipakai untuk menciptakan benda-benda tersebut. Sebutkan nama benda-benda yang dihasilkannya!

Bacalah isu berikut ini!

Benda dari Kaca
Ada benda-benda yang dibuat dari kaca. Benda tersebut, antara lain gelas, piring, mangkuk, beling mata, akuarium, jendela, dan peralatan laboratorium. Kaca mempunyai sifat kedap air dan tembus cahaya. Oleh sebab itu, beling dipakai untuk menciptakan benda yang tahan air.

Benda dari Logam
Coba amati benda yang ada di rumahmu! Adakah benda yang dibuat dari logam? Benda-benda tersebut, antara lain panci, penggorengan, sendok sayur, sendok makan, kerangka mobil, dan pagar rumah.

Mengapa benda-benda tersebut dibuat dari logam? Karena logam mempunyai sifat kuat, sanggup dibuat dan penghantar panas yang baik.
 Bahan untuk menciptakan benda tidak hanya berasal dari kayu Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku
Benda dari Karet
Perhatikan penghapus pensil. Terbuat dari apakah penghapus itu? Penghapus dibuat dari karet. Benda-benda lainnya yang dibuat dari karet, antara lain ban, balon, sandal karet, bola, dan sarung tangan.

Bagaimanakah sifat karet? Diskusikan bersama temanmu!
Karet bersifat berpengaruh dan lentur. Karet juga bersifat elastis, artinya, karet sanggup ditarik memanjang dan kalau dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Oleh sebab itu, karet dimanfaatkan untuk aneka macam keperluan, contohnya menciptakan ban, bantalan sepatu, dan pembungkus kabel. Meskipun karet bersifat berpengaruh dan lentur, tetapi tidak tahan api. Ingatlah, jangan hingga peralatan di rumahmu yang terbuat dari karet terkena api! Karet yang terkena api akan meleleh.

Ayo Mengamati
Amatilah benda-benda di sekitarmu! Adakah yang terbuat dari materi kaca, logam, atau karet Tuliskan hasil pengamatanmu pada tabel yang telah disediakan!
No.Nama BendaBahan Pembentuk
1.GelasKaca
2.Pagar SekolahLogam/Besi
3.Daun JendelaKaca
4.Ban SepedaKaret
5.SpionKaca

Ayo Mencoba
Kamu telah mengamati benda-benda di sekitarmu. Lengkapilah denah berikut ini!
 Bahan untuk menciptakan benda tidak hanya berasal dari kayu Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku
Ayo Berdiskusi
Kamu telah mempelajari aneka materi pembentuk benda. Setiap materi pembentuk benda mempunyai sifat yang khas. Perhatikan lingkungan kelas dan sekolahmu! Sebutkan materi yang biasa digunakan
untuk menciptakan daerah sampah!

Ya, plastik, kayu, bahkan logam ibarat alumunium sanggup dibuat daerah sampah. Sekarang perhatikan daerah sampah di kelasmu! Terbuat dari apakah daerah sampah di kelasmu? Apakah jumlahnya mencukupi? Apakah bawah umur sudah mempunyai kesadaran dalam membuang sampah di tempatnya?

Sekarang, musyawarahkan dengan sobat sekelasmu! Bagaimana cara meningkatkan kebersihan di sekolahmu? Tuliskan hasil musyawarah di kotak berikut!
  1. Selalu membuang sampah yang telah kita gunakan pada tempatnya.
  2. Melakukan kegiatan Jumat higienis secara rutin.
  3. Melaksanakan piket kelas.
  4. Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah

Ingatlah kembali dikala kau melaksanakan musyawarah bersama teman-teman! Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
  1. Apakah setiap anak boleh menawarkan pendapatnya dikala musyawarah? Setiap anak boleh menawarkan pendapat dikala musyawarah.
  2. Mengapa kita harus menawarkan pendapat dikala bermusyawarah? Karena dengan pendapat yang kita berikan akan membantu memberi masukan dalam musyawarah.
  3. Apa yang terjadi kalau hanya satu atau dua orang yang menawarkan pendapat? Jika hanya satu atau dua orang yang menawarkan pendapat maka hasil keputusan hanya bersumber dari kedua orang tersebut.
  4. Apakah kita boleh memaksakan pendapat dikala musyawarah? Kita dihentikan memaksakan pendapat kepada orang lain.
  5. Tuliskan pengalamanmu wacana musyawarah. Apakah menurutmu musyawarah sudah berjalan lancar? Musyawarah berjalan dengan lancar.

Ayo Mencoba
Perhatikan materi yang dipakai untuk menciptakan penggaris! Plastik, kayu, dan alumunium (logam) yaitu materi yang sanggup dipakai untuk menciptakan penggaris. Mengapa materi beling tidak dipakai untuk menciptakan penggaris? Coba perhatikan satuan yang tertera pada penggaris. Kamu akan melihat lebih dari satu satuan panjang. Ada satuan meter (m), centimeter (cm), dan milimeter (mm).
 Bahan untuk menciptakan benda tidak hanya berasal dari kayu Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku
Panjang kendaraan beroda empat ayah Dayu yaitu 410 cm Panjang kendaraan beroda empat ayah Dayu dalam satuan m adalah
410 cm = 400 cm + 10 cm
= 4 m + 10 cm
= 4 m 10 cm

Ayo Berlatih
Ubahlah sesuai satuan yang diminta!
  1. 200 cm = 200 cm : 100 cm = 2 m
  2. 500 cm = 500 cm : 100 cm = 5 m
  3. 6 m = 6 x 100 cm = 600 cm
  4. 400 cm = 400 cm : 100 cm = 4 m
  5. 7 m = 7 x 100 cm = 700 cm
  6. 2 m 45 cm = 2 x 100 cm + 45 cm = 200 cm + 45 cm = 245 cm
  7. 4 m 32 cm = 4 x 100 cm + 32 cm = 400 cm + 32 cm = 432 cm
  8. 8 m 79 cm = 8 x 100 cm + 79 cm = 800 cm + 79 cm = 879 cm
  9. 4 m 8 cm = 4 x 100 cm + 8 cm = 400 cm + 8 cm = 408 cm
  10. 70 m 9 cm = 70 x 100 cm + 9 cm = 7.000 cm + 9 cm = 7.009 cm

Ayo Berlatih
Lakukanlah kegiatan berikut ini!
 Bahan untuk menciptakan benda tidak hanya berasal dari kayu Pembelajaran 5 Subtema 1 Aneka Benda di Sekitarku
  1. Perhatikan gambar benda yang harus kau ukur!
  2. Ukurlah belahan benda sesuai gambar!
  3. Tuliskan perkiraanmu terlebih dahulu! (ukuran hasil tebakanmu tanpa memakai alat ukur)
  4. Ukurlah dengan memakai alat ukur!
  5. Lengkapilah tabel di bawah ini dengan hasil pengukuranmu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar