Selasa, 21 Juli 2020

Pembelajaran 4 Subtema 2 Pertumbuhan Dan Perkembangan Manusia

Makanan dan Kesehatan
Pagi ini belum dewasa SD Nusantara bermain tarik tambang. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas Udin, Lani, dan Beni. Kelompok kedua terdiri atas Edo, Dayu, dan Siti. Semua bahagia sekali.

Tiba-tiba terdengar bunyi Edo mengaduh kesakitan. Rupanya Edo terjatuh dan tertarik oleh kelompok Udin. Semua temannya merasa duka dan kaget. Mereka kaget alasannya Edo terjatuh. Edo anak terkuat di antara mereka. Pada setiap perlombaan Edo selalu menang. Mereka pun membantu Edo berdiri dan menghiburnya.
tiba terdengar bunyi Edo mengaduh kesakitan Pembelajaran 4 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Ternyata, pagi ini Edo lupa sarapan sehingga badannya terasa lemas. Edo bangkit kesiangan dan
terburu-buru berangkat ke sekolah. Untuk menjadi kuat kita harus banyak berlatih dan makan dengan cukup.

Makanan dibutuhkan makhluk hidup alasannya merupakan sumber energi. Makanan bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap tumbuh dan sehat. Makanan yang dibutuhkan tubuh yaitu kuliner yang bergizi. Makanan sehat yaitu kuliner yang mengandung zat kuliner dalam jumlah berimbang. Zat kuliner yang dibutuhkan tubuh mencakup karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Fungsi kuliner tersebut bagi tubuh yaitu Penghasil energi, zat pembangun, dan zat pengatur.

Makanan bergizi merupakan kuliner yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat-zat tersebut mencakup karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Setiap zat tersebut mempunyai tugas yang sangat penting di dalam tubuh. Karbohidrat dan lemak berfungsi sebagai sumber tenaga. Protein berfungsi sebagai zat pembangun. Air, mineral, dan vitamin berfungsi sebagi zat pengatur.

Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks yang kau baca!
  1. Apa yang sedang dilakukan oleh belum dewasa SD Nusantara? Anak SD Nusantara sedang bermain tarik tambang.
  2. Mengapa Edo mengaduh kesakitan?
  3. Apa yang dilakukan teman-teman Edo ketika Edo kesakitan? Mereka pun membantu Edo berdiri dan menghiburnya.
  4. Apakah kau sarapan sebelum berangkat ke sekolah? Ya.
  5. Jika kau menjawab tidak, tuliskan alasannya! Bangun kesiangan sehingga tidak sempat sarapan.
  6. Jika kau menjawab iya, tuliskan kuliner yang kau makan ketika sarapan! Makanan yang saya makan ketika sarapan yaitu nasi dan sayuran.
  7. Apakah makananmu ketika sarapan sudah termasuk kuliner sehat dan bergizi? Ya sayuran mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh,

Siti suka sayur bayam. Dayu lebih suka wortel. Kedua sayuran itu kuliner sehat. Mereka saling
menghargai kuliner kesukaan masing-masing.

Lani suka ikan. Udin lebih suka daging. Kedua lauk itu kuliner sehat. Mereka saling menghargai
kuliner kesukaan masing-masing.

Edo suka kentang. Beni lebih suka roti. Kedua kuliner itu kuliner sehat. Mereka saling menghargai kuliner kesukaan masing-masing.

Ayo Bercerita
Apa kuliner kesukaanmu? Apakah kuliner kesukaanmu termasuk kuliner yang sehat dan bergizi? Ayo tulis dan ceritakan kuliner kesukaanmu!

Aku suka sayuran Brokoli. Sayur kaya akan vitamin dan mineral penting ibarat vitamin A, C, E dan kalsium yang sanggup meningkatkan pertumbuhan sel dan juga membangun jaringan tubuh.

Contohnya brokoli. Gizi yang terkandung dalam brokoli antara lain ibarat serat, antioksidan, vitamin A, B, C, K, dan mineral zat besi mineral, yang semuanya dibutuhkan untuk tubuh yang sehat.

Kandungan itu berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mencegah kanker, meningkatkan kesehatan tulang, membantu melawan depresi dan masih banyak lagi.

Ayo Mencoba
Kamu sudah mengetahui materi kuliner kuat pada kekuatan dan daya tahan tubuh. Olahraga juga kuat terhadap kekuatan tubuh.

Cobalah lakukan permainan Kijang dan Rusa di bawah ini untuk melatih kekuatan tubuhmu!
tiba terdengar bunyi Edo mengaduh kesakitan Pembelajaran 4 Subtema 2  Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Kijang dan Rusa
  1. Anak-anak berdiri dalam dua baris.
  2. Mereka berdiri saling berhadap-hadapan.
  3. Buatlah garis di depan kedua barisan tersebut.
  4. Ambil jarak biar tidak berdekatan.
  5. Deretan yang satu diberi nama Rusa.
  6. Deretan yang lainnya diberi nama Kijang. Apabila guru memanggil Kijang, maka deret Kijang melompat ke depan, sedangkan deret Rusa berjalan ke belakang.
  7. Apabila guru memanggil Rusa, maka deret Rusa melompat ke depan, sedangkan deret Kijang berjalan ke belakang.
  8. Kelompok yang selalu benar mengikuti isyarat yaitu pemenangnya.

Bagaimana perasaanmu sehabis bermain? Menyenangkan bukan? Apakah kau dan teman-teman kuat melaksanakan gerakan tersebut? Makan dan berlatihlah secara teratur biar kekuatan dan daya tahan tubuhmu bertambah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar