Selasa, 21 Juli 2020

Pembelajaran 3 Subtema 3 Mengasihi Tumbuhan

Ayo Membaca
Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai
Kelas 3 berkunjung ke hutan bakau. Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau. Orang-orang sering menyebut hutan bakau sebagai sabuk hijau. Artinya, daerah hijau yang
tumbuh di garis pantai.

Hutan bakau melindungi garis pantai dari pengikisan. Hutan bakau, juga meredam gelombang besar, termasuk tsunami. Diperlukan kolaborasi warga sekitar untuk menjaga pertumbuhan hutan bakau.

Ada dua hal penting yang harus dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama. Adapun penyulaman ialah penggantian pohon bakau yang mati. Pohon yang mati diganti dengan bibit atau pohon bakau lain yang seumur. Tujuannya supaya pohon-pohon bakau sanggup tumbuh secara seragam. Pohon-pohon bakau yang telah ditanam mesti dijaga pertumbuhannya.

Kepiting kerap menggigit batang anak pohon bakau. Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan. Paling tidak, sampai pohon-pohon bakau berusia satu tahun.

Ombak dan hewan pemakan daun juga terkadang merusak. Namun, manusialah yang paling banyak menjadikan kerusakan hutan bakau. Bibit dan pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini sesuai dengan teks di atas!
  1. Apa yang dilakukan Udin dan kawan-kawan di hutan bakau? Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau.
  2. Apa arti julukan sabuk hijau bagi hutan bakau?  Julukan sabuk hijau untuk hutan bakau, artinya daerah hijau yang tumbuh di garis pantai.
  3. Apakah manfaat hutan bakau?  Manfaat hutan bakau yaitu untuk melindungi garis pantai dari abrasi dan meredam gelombang besar, termasuk tsunami.
  4. Apa saja yang dilakukan untuk merawat hutan bakau?  Ada dua hal yang sanggup dilakukan untuk merawat hutan bakau, yaitu penyiangan dan penyulaman.
  5. Apa saja yang sanggup merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau?  Yang sanggup merusak pertumbuhan dan kelestarian hutan bakau ialah kepiting, ombak, hewan pemakan daun, dan manusia.

Ayo Bermain Peran
Sekarang Udin dan teman-teman di kelas, akan bermain tugas wacana kunjungan ke hutan bakau. Ada yang berperan sebagai penjaga hutan bakau dan ada juga, yang berperan sebagai belum dewasa sekolah. Anak-anak sekolah akan mewawancarai penjaga hutan bakau.

Sebelum bermain peran, buatlah daftar pertanyaan yang akan diajukan siswa-siswa. Daftar pertanyaan dibentuk menurut teks Hutan Bakau, si Sabuk Hijau Pelindung Pantai. Diskusikanlah bersama kelompokmu!

Tulislah daftar pertanyaan wawancara pada tempat yang tersedia!
  1. Dimana hutan bakau sanggup ditemukan?
  2. Apa fungsi hutan bakau bagi garis pantai?
  3. Bagaimana cara merawat hutan bakau?
  4. Mengapa pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau harus dikendalikan?
  5. Siapa yang paling banyak menjadikan kerusakan hutan bakau?

Ayo Menulis
Setelah kalian bermain peran, tulislah hasil wawancara pada tempat yang tersedia berikut ini!
Hutan bakau banyak ditemukan di daerah pantai. Hutan bakau melindungi garis pantai dari abrasi dan meredam gelombang besar, termasuk tsunami.

Hutan bakau sanggup dirawat dengan  penyiangan dan penyulaman. Penyiangan dilakukan untuk membasmi hama dan penyulaman ialah penggantian pohon bakau yang mati.  Pertumbuhan kepiting di sekitar hutan bakau mesti dikendalikan alasannya sanggup mengganggu pertumbuhan bakau.

Manusia  ialah penyebab utama kerusakan hutan bakau alasannya pohon bakau muda sering terinjak oleh pencari ikan dan kepiting.

Ayo Berlatih
Siti bahagia mengumpulkan daun. Saat kunjungan ke hutan bakau, ia mengumpulkan daun-daun bakau. Ia mengamati bahwa panjang tiap daun tidak sama. Siti mencoba mengukur 2 buah daun dengan memakai garis bilangan.
 Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau Pembelajaran 3 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan
Panjang kedua daun tersebut ialah 9, yaitu 4 + 5 = 9

Buatlah garis bilangan untuk menuntaskan penjumlahan di bawah ini!
1. 9 + 5 = ……
2. 4 + 7 = ……
3. 6 + 4 = ……
4. 3 + 9 = ……
5. 4 + 8 = ……
 Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau Pembelajaran 3 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan
Ayo Berkreasi
Dayu ingin menciptakan gambar hiasan dengan memakai bentuk-bentuk tumbuhan. Kita bantu Dayu menciptakan hiasan dekoratif, yuk! Amatilah aneka macam macam bentuk flora di sekitar kalian! Hal ini akan memudahkanmu mencari wangsit bentuk hiasan dekoratif! Gambarlah pada tempat yang tersedia!
 Mereka akan mempelajari perawatan dan pelestarian hutan bakau Pembelajaran 3 Subtema 3 Menyayangi Tumbuhan


Gambar dekoratif ialah berupa gambar hiasan yang dalam perwujudannya tampak rata, tidak ada kesan ruang jarak jauh akrab atau gelap jelas tidak terlalu ditonjolkan. Untuk memperoleh objek gambar dekoratif, perlu dilakukan deformasi atau penstiliran alami. Bentuk- bentuk objek di alam disederhanakan dan digayakan tanpa meninggalkan bentuk aslinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar