Selasa, 21 Juli 2020

Pembelajaran 3 Subtema 4 Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Bunga ialah penggalan dari tumbuhan. Bunga dibutuhkan dalam proses perkembangbiakan sebagian tumbuhan. Ada banyak jenis bunga yang ada di sekitar kita. Berikut ini ialah bunga pujian Indonesia.

Ayo Menulis
Bacalah dengan nyaring!

Bunga Nasional Indonesia
Beberapa negara mempunyai bunga nasional. Bunga nasional ialah bunga yang sanggup mewakili karakteristik sebuah bangsa dan negara. Misalnya bunga tulip dikenal sebagai bunga negara Belanda Mawar lebih dikenal sebagai bunga negara Inggris.
 Bunga dibutuhkan dalam proses perkembangbiakan sebagian flora Pembelajaran 3 Subtema 4  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Indonesia mempunyai tiga bunga nasional.Sebutan lain untuk bunga di Indonesia ialah puspa. Bunga melati putih disebut dengan puspa bangsa. Bunga anggrek bulan disebut dengan puspa pesona. Bunga raflesia arnoldi disebut dengan puspa langka.

Amati gambar-gambar bunga di depan.
Pilihlah salah satu bunga, kemudian tuliskan ciri-ciri bunga tersebut! Penjelasan mencakup bentuk, warna, dan ciri khas lain yang sanggup menggambarkan bunga tersebut.
  1. Melati merupakan tumbuhan bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Melati secara luas dibudidayakan untuk aroma khas bunga mereka. Mahkota bunga berwarna putih dengan jumlah lima buah. Bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan banyak sekali tradisi dari banyak suku di negara ini. Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan banyak sekali suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda.
  2. Rafflesia arnoldii atau padma raksasa merupakan flora benalu yang tumbuh pada batang liana. Bentuk yang terlihat dari bunga Raflesia ini hanya bunganya saja. Bunga Raflesia ialah identitas provinsi Bengkulu dan sebagai salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia. Rafflesia arnoldii yang mempunyai bunga yang melebar dengan lima mahkota bunga. Satu bunga terdiri dari lima kelopak berangasan yang berwarna oranye dan berbintik-bintik dengan krim berwarna putih. 
  3. Anggrek bulan merupakan jenis anggrek yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun ketika ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang mempunyai corak dan warna bermacam-macam jenis. Anggrek bulan menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk memanjang. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk lingkaran memanjang dan terasa berdaging. Bunga anggrek bulan mempunyai sedikit keharuman dan waktu mekar yang usang serta sanggup tumbuh sampai diameter 10 cm lebih.
Perkembangbiakan flora sanggup dibedakan menjadi dua cara, yaitu perkembang biak flora secara generatif dan secara vegetatif.

Perkembangbiakan Tumbuhan Secara Generatif
Perkembangbiakan secara generatif (kawin) dilakukan melalui proses penyerbukan dan pembuahan. Perkembangbiakan generatif pada flora diawali dengan penyerbukan, yaitu melekatnya atau jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Setelah terjadi penyerbukan, pada serbuk sari tumbuh buluh serbuk sari yang menuju ruang bakal biji. Kemudian sel kelamin jantan atau spermatozoid masuk ke ruang bakal biji melalui buluh serbuk sari. Di dalam ruang bakal biji terjadi pembuahan, yaitu peleburan sel kelamin atau spermatozoid dengan sel kelamin betina atau sel telur.

Hasil dari pembuahan perkembangbiakan flora secara generatif ialah zigot. Zigot bermetamorfosis lembaga, bakal biji bermetamorfosis biji dan bakal buah bermetamorfosis daging buah. Lembaga yang berada di dalam biji merupakan calon flora baru.

Ayo Berkreasi
Bunga yang berwarna-warni sanggup menjadi inspirasi dalam menciptakan karya. Masih ingatkah kau dengan kerajinan mozaik? Warnai gambar bunga di bawah ini memakai kertas warna yang dipotong-potong. Kertas potong sanggup diperoleh dengan menyobek atau menggunting.
 Bunga dibutuhkan dalam proses perkembangbiakan sebagian flora Pembelajaran 3 Subtema 4  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Bunga mempunyai banyak manfaat untuk kegiatan manusia. Kebun dengan bunga yang berwarnawarni nampak lebih indah.

Hiasan bunga yang disimpan di vas bunga menambah anggun ruangan. Bunga juga sering
dipakai dalam kegiatan-kegiatan lainnya. Misalnya bunga melati dipakai untuk program pernikahan. Ungkapan bela sungkawa pun terkadang memakai rangkaian bunga.

Oleh sebab banyak orang yang memerlukan bunga, maka ada pasar khusus yang menjual bunga. Para petani menjual bunga yang telah ditanam ke pasar tersebut.

Ayo Berlatih
Masih ingatkah kau cara menuntaskan soal pembagian?
Contoh:

Seorang petani memanen bunga mawar. Hasil panennya ada 141 tangkai bunga mawar. Petani akan menyimpan dalam 3 tempat, yang masing-masing memuat tangkai bunga sama banyak.
Proses di atas ditulis dalam bentuk pembagian
141 : 3 = ...
 Bunga dibutuhkan dalam proses perkembangbiakan sebagian flora Pembelajaran 3 Subtema 4  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Selesaikan soal di bawah ini sesuai contoh!
1. Siti mempunyai 484 tangkai bunga anggrek. Siti ingin menyimpan dalam 4 buah vas bunga dengan banyak tangkai bunya yang sama pada masing-masing vas. Berapa banyak tangkai bunga anggrek pada setiap vas bunga?
 Bunga dibutuhkan dalam proses perkembangbiakan sebagian flora Pembelajaran 3 Subtema 4  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
2. Pohon melati Lani berbunga sangat banyak. Lani memetik 224 bunga melati. Lalu, ia menyimpannya dalam 4 buah tempat. Masing-masing kawasan memuat bunga sama banyak. Berapa banyak bunga melati pada setiap tempat?
 Bunga dibutuhkan dalam proses perkembangbiakan sebagian flora Pembelajaran 3 Subtema 4  Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan
Bagian – penggalan bunga ialah penggalan tumbuhan untuk menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang lebih lanjut membentuk buah. Pada flora berbunga, buah ialah struktur yang membawa dan melindungi biji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar